Cara Posting Untuk Pemula (blogdetik.com)

1 Apr 2010

Posting kali ini saya dedikasikan kepada mereka (netter) yang tertarik untuk mulai ‘berkencan‘ dengan blog (blogging), namun masih merasa canggung untuk memulainya. Namun jangan salah faham, dengan saya menuliskan artikel ini bukan berarti saya ‘merasa mahir dan lebih pintar‘ dari anda loh.. :) Niatnya tak lebih untuk ‘berbagi‘ sekelumit apa yang saya tahu tentang blog kepada mereka yang belum tahu, itu saja.
Ok deh, daripada ngomong yang gak penting dan bikin ngantuk, saya mulai saja ‘cerita-nya‘ ya. Saya asumsikan bahwa anda sudah memiliki sebuah blog di blogdetik.com ataupun WordPress.com.

Login
Sebenarnya web penyedia layanan website berbayar atau blog gratisan sekalipun (kaya punya saya ini :) ) selalu memberikan link untuk LOGIN menuju dasboard (ruang admin). Kalau gak percaya coba buka email anda yang digunakan untuk melakukan register (pendaftaran) blog. Tentu saja jika anda belum menghapusnya loh. Pada ‘pesan aktivasi blog’ akan ditemukan link tautan menuju ke blog anda, ex. http://namabloganda.blogdetik.com/wp-login.php, dan anda tinggal memasukkan username serta password anda, kemudian klik login. Atau bisa juga anda masuk ke blogdetik.com, kemudian isikan username dan password, klik login. Setelah itu klik link tulisan ‘halaman dasbor anda‘.

Menulis
Papan tulisan terbagi menjadi 2, yaitu Visual dan HTML (lihat sebelah kanan bagian atas). Seperti namanya, papan Visual difungsikan untuk melihat tampilan posting yang sebenarnya. Pada papan ini anda tidak dapat membuat ataupun meng-edit kode HTML, ex. untuk membuat huruf tebal, anda cukup meng-klik icon B (bold). Namun pada papan HTML hal itu tidak mungkin untuk dilakukan, kecuali anda mengetikkan kode <b>tulisan anda<b/>. Intinya, menulis pada papan Visual sama seperti saat anda menulis pada Office Word. Dan agar tulisan anda menjadi menarik, tidak membosankan dan mudah dicerna (dipahami) oleh orang awam sekalipun, maka sudah menjadi tugas anda untuk mulai menyusun kata se-familiar mungkin dan menjadikannya sebuah kalimat yang tidak membingungkan.

Menyisipkan Media
Untuk menyisipkan media (gambar, video, mp3 dll) pada artikel anda, silahkan amati tulisan Add media. Disitu terdapat 4 icon yang berbeda bentuk dan juga fungsinya, coba anda dekatkan pointer anda pada icon2 tersebut satu per satu. Kelihatan bukan apa yang saya maksudkan? Anda tinggal meng-klik saja icon media mana yang anda kehendaki seperti media gambar, video, mp3 dsb.

Kutipan
Baca sekali lagi artikel anda dari awal hingga akhir, lalu tentukan ‘bagian mana’ yang akan anda kutip. Ambil kutipan yang paling menarik atau yang sekiranya paling dicari orang, kemudian copy kutipan artikel tersebut dan masukkan pada ‘kolom kutipan‘ atau ‘Excerpt‘.

Posting Artikel

Bagian ini adalah langkah terakhir anda untuk memposting atau menerbitkan artikel. Sebagai penulis artikel, anda tentu paham ‘tentang apa’ tulisan anda tersebut. Maka jangan lupa tambahkan ‘tag‘ (keyword/kata kunci) dan juga ‘kategori‘. Ex. artikel tentang tutorial blog, anda dapat menambahkan ‘tag tulisan‘ ex. blogging, blog, blogger dsb yang berhubungan erat dengan artikel anda tersebut. Begitu juga pada ‘kategori artikel‘ anda. Nah, untuk memastikan artikel anda sudah seperti yang diinginkan, klik ‘preview‘ untuk melihatnya. Jika anda merasa kurang puas, silahkan edit kembali. Jika anda suka diberi komentar, jangan lupa beri tanda centang pada ‘kolom diskusi‘. Langkah terakhir klik ‘terbitkan‘ atau ‘publish‘.

Huff… selesai deh.. Selamat ngeblog, semoga artikel ini bermanfaat.. :)


TAGS blog gratis wordpress blogdetik belajar blog blog counter widget account Blogging pemula posting artikel familiar


-

Author

Follow Me