Poker… Hobi Yang Dilematis

3 Apr 2010

Bagi pengguna Facebook tentu tidak asing dengan aplikasi game Texas HolDem Poker yang banyak digemari jutaan orang pengguna Facebook diseluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak? Dalam kurun waktu 1 minggu secara tak sengaja saya sempat mengamati ‘warnet‘ milik seorang teman, ternyata Facebook-lah yang mendapat prioritas utama untuk dibuka. Dan setelah itu, hampir bisa dipastikan Poker menjadi aplikasi game pertama yang paling sering dibuka. Bahkan tak jarang bagi mereka para ‘penggila poker‘ rela menghabiskan waktu ber-jam2 didepan monitor, bahkan tak jarang sampai pagi-pun mereka lakoni :(

Sebenarnya apa sih yang membuat netter jadi merasa ‘kecanduan‘ game yang mirip casino beneran ini? Entahlah, saya sendiri belum menemukan jawaban pastinya. Kemungkinan rasa penasaran-lah yang merangsang mereka untuk terus bermain. Jika dihitung berapa pengeluaran mereka per malam, wow… ternyata besar juga. Harga untuk Paket 4 (anggap saja) 10 ribu selama 5 jam, belum lagi ditambah rokok yang tiap ngenet tak cukup hanya menghabiskan 1 bungkus dan makanan kecil plus minumnya. Itu belum termasuk tambah jam ngenet jika tenyata mereka masih penasaran dan ingin meneruskan permainan. Saya yakin, cost yang dikeluarkan tidak cukup dengan angka 25ribu dalam semalam. Belum lagi kalau ‘yang benar2 penggila poker‘, tak jarang mereka rela mengeluarkan uang puluhan ribu sampai dengan hitungan juta hanya untuk menebus/membeli chip poker (uang virtual). Wow..

Mengapa saya mengangkat permasalahan ini?
Dalam hal ini bukan berarti saya tidak suka bermain poker atau benci dengan permainan yang memang mengasikkan ini. Hanya saja melihat cost yang harus dikeluarkan (khususnya bagi pengguna warnet) dalam semalam, saya rasa akan lebih bijaksana jika berfikir 2 kali untuk dijadikan kebiasaan, apalagi bagi mereka yang masih berstatus pelajar dan belum punya penghasilan sendiri.. :)


TAGS facebook poker game dilematis hobi gammer cost finansial ekonomi permainan


-

Author

Follow Me